Assalamu'alaikum....


Sabtu, 19 Maret 2011

Wajib Di Musim Hujan

Kering dan kaku pada kulit, hanya sedikit dari "bahaya" musim hujan. Jangan lalai merawatnya.
Pernah mengalami ini?
Air hujan bercucuran deras disertai angin kencang yang membuat badan seakan-akan terdorong. Kadang, payung dan mantel sudah kehilangan tajinya melindungi kita. Tetesan air hujan dan hembusan angin panas pun mengenai kulit.

Akibatnya:
● Kulit kasar, kering, dan iritasi.
● Rambut kering, kaku, juga susah diatur.

Penyebabnya:
Kulit kering memang bisa terjadi kapan saja, tapi musim dingin adalah masa yang paling ampuh untuk mengeringkan kulit. Sampai-sampai ada istilah "winter itch".
Dinginnya suhu udara, tingkat kelembapan yang rendah, angin kencang pada musim hujan menyebabkan kulit kehilangan jaringan lemak (penghangat tubuh). Udara yang kering juga menyebabkan kelembapan kulit menurun.
Bukan berarti tidak ada solusi untuk tetap tampil terawat dan cantik. Ikuti saja tips berikut:

Bersihkan Wajah

Jangan main-main dengan wajah, karenanya pilihlah produk pembersih wajah yang benar-benar cocok dengan kondisi kulit. Jangan pernah mencuci muka dengan air keran yang mengandung mineral berbahaya.

Beri Pelembap
Kunci kulit kenyal dan segar adalah pelembap. Selain penting digunakan seiring usia bertambah, saat kulit kering pun, aplikasikan pelembap sesering mungkin. Bahkan, ketika sesudah mandi dan langsung tidur, pakailah pelembap terlebih dulu. Tidak hanya wajah, tapi seluruh badan.
Efeknya, kulit kering tidak gatal lagi, dan lambat laun, si kering pun menghilang. Salah satu bahan alami yang berkhasiat adalah body lotion berbahan mawar yang cocok bagi kulit yang dehidrasi.
Jika bekerja atau sering beraktivitas di luar, bawalah lotion yang melindungi vitamin A dan E dan simpan di tas. Dan, jangan lupa lindungi wajah dengan pelembap, ya.


Bibir
Yang harus selalu ada di dekat Anda adalah pelembap bibir (lip balm atau lip butter). Tidak ingin, kan, berbicara dengan orang dalam kondisi bibir pecah-pecah?
Trik klasik yang ampuh lainnya adalah usai menggosok gigi, sikatkan sisa pasta pada sikat gigi ke bibir. Kulit kering mengelupas dengan mudah, lho!

Mandi Air Hangat
Air panas semakin mengeringkan kulit, jadi air hangat adalah pilihan terbaik. Jangan terlalu sering mandi dan persingkat waktu mandi. Ketika mengeringkan badan, jangan digosok handuk tapi ditepuk-tepuk.
Sebagai "teman" mandi, pakailah sabun mandi dengan bahan yang mengandung kelembapan tinggi seperti zaitun atau yang mengandung anti oksidan tinggi seperti cherry. Selain melembapkan, kulit juga lebih lembut dan sehat berkilau.

Tak Lekang Oleh Waktu
Yang berikut ini, bisa dibilang resep cantik turun temurun, tapi ampuh merawat kulit saat musim hujan.
● Minum air putih hangat lebih banyak dari biasanya.
● Memakai produk perawatan bayi.
● Konsumsi gandum, buah-buahan berries, dan vitamin E.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar